Alasan Toyota Innova Dan Fortuner Belum Perlu “Recall”

By | December 22, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info –  Toyota Astra Motor (TAM) telah mengambil sikap, tak ada recall atau penarikan kembali untuk  All-New Innova dan All-New Fortuner. Semua keluhan konsumen terkait persoalan transmisi otomatis telah dianalisa dan ditemukan solusinya, konsumen yg merasa mengalami diharapkan mengunjungi bengkel resmi Toyota agar diperiksa dan diperbaiki.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM  Marketing and Sales TAM menjelaskan persoalan pada transmisi Innova dan Fortuner tak membutuhkan recall karena tak berkaitan dengan aspek keselamatan penumpang.

“Kalau recall itu kan esensinya penarikan kembali. TAM mulai melakukan recall kalau perkara itu memang berkaitan dengan keselamatan,” ujar pria yg akrab disapa Soerjo itu ketika dihubungi Unilinkrc.info, Kamis (22/12/2016).

Unilinkrc.info Transmisi otomatis Innova terbaru dengan tipe 6 percepatan

Sebelumnya, TAM telah melakukan recall terhadap lebih dari 40.000 unit yg terdiri dari empat model, merupakan Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Kampaye itu dikerjakan karena persoalan pada kantong udara merek Takata dan telah diumumkan pada Juli dahulu  

Baca: Konsumen Innova Sudah Patah Arang soal Transmisi

Dihubungi pada ketika hampir bersamaan, Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service TAM menjelaskan, persoalan transmisi otomatis tak terjadi pada segala unit Innova dan Fortuner.

Kejadian yg dikeluhkan konsumen dinamakan shift shock. Penjelasannya, kopling yg ada di dalam transmisi menyambung lebih cepat dari yg lain. Kejadian itu terjadi karena kurang sinkronisasi pelepasan dan persambungan dua kopling di dalam transmisi otomatis.

“Sekarang seluruh bengkel Toyota telah dapat menangani persoalan shift shock dengan memprogram ulang. Cuma perlu waktu kurang dari sejam,” kata Dadi. 

Konsumen yg komplain telah ditangani. Soerjo mengajak seandainya ada konsumen yg merasakan keluhan sama bagi mendatangi bengkel resmi Toyota.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply