Begini Cara Hitung Konsumsi BBM Lebih Akurat

By | November 22, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Metode full to full pada pengujian efisiensi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan bakal lebih akurat seandainya menggunakan satuan massa misalnya kilogram (kg) ketimbang kebiasaan memakai liter. Hal itu diungkap peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri ketika ditanya soal akurasi full to full.

“Bagaimana caranya mampu lebih bagus? Ditimbang. Jadi misalnya sepeda motor cukup kalian isi BBM yg beratnya 1 kg. Sudah selesai dipakai, kuras, ditimbang lagi sisanya berapa,” urai Tri menjelaskan di Jakarta (Sabtu (19/11/2016).

Jika ditimbang, kata Tri hasilnya tak berubah karena faktor pemuaian atau penciutan. Seperti kami ketahui, volume BBM di dalam tangki kendaraan bakal bertambah karena kenaikan suhu, ini yg mampu mengurangi akurasi hasil efisiensi.

Baca: Metode Uji BBM “Full to Full” Belum Tentu Akurat

Walau lebih akurat bukan berarti tak ada masalah. Kendalanya menurut Tri, hasil akhir dalam kg per km tak begitu akrab dengan masyarakat. Hal ini mampu bikin kebingungan karena telah kebiasaan menggunakan kilometer per liter.

“Kalau di laboratorium uji konsumsi bukan liter per jam tapi gram per jam. Nah itu ada flowmeter khusus yg skalanya segera gram bukan liter karena liter sensitif pada temperatur. Karena sifat zat cair kan begitu, kalau dipanaskan memuai dan menguap,” jelas Tri. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply