Bersiap Masuk Era Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

By | September 12, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Pengembangan dan produksi kendaraan—mobil dan motor—listrik boleh saja bakal kian menjamur di kemudian hari. Namun sejatinya, dunia telah melirik alternatif energi yang lain bagi membuat bumi semakin rendah emisi, yakni hidrogen.

Inilah yg ditegaskan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, bahwa kendaraan listrik yg ketika ini sedang gencar dijadikan pendongkrak citra, hanyalah transisi buat masuk ke era fuel cell.

Fuel Cell justru nantinya bakal dikembangkan bagi motor. Atau seperti mobil hidrogen ketika ini, tetapi dengan dimensi lebih kecil. Ini bakal menjadi bahan bakar alternatif utama. Risetnya segala ke sana, karena lebih murah,” kata Gunadi.

Memproduksi hidrogen diyakini lebih murah ketimbang memproduksi listrik. Fuel cell adalah sebuah alat elektrokimia yg mirip dengan baterai, tapi berbeda karena dirancang buat bisa diisi selalu reaktannya yg terkonsumsi; merupakan memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hidrogen dan oksigen dari luar.

Biaya produksi hidrogen pun dipandang Gunadi lebih murah ketimbang listrik. Memindahkan listrik dari pabrik menuju konsumen harus melalui transmisi bertahap. Mislanya, tegangan 300.000 KV ditransfer ke rumah jadi 220 V.

Secara termodinamika, perpindahan itu membawa kerugian, berupa panas dan lainnya. Kalau ini dihitung secara total, tak murah.

Contoh mobil yg telah memakai bahan bakar hidrogen adalah Toyota Mirai dan Honda Clarity. Gunadi meyakini, suatu saat, motor pun mulai bersiap dengan teknologi ini.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply