Cegah Baut Motor Baru Cepat “Dol”

By | September 8, 2016

Jakarta, Unilinkrc.infoGrease atau gemuk tidak hanya berfungsi buat melumasi dua komponen pada motor lama dan usang. Ternyata, benda semipadat ini juga utama digunakan buat motor baru. Kok bisa?

Penjelasannya begini, banyak perkara di bengkel saat ingin mengganti komponen fast moving, prosesnya tersendat gara-gara kesulitan bongkar pasang. Hal itu disebabkan baut-baut atau uliran tidak mampu dibuka, bahkan banyak yg ”dol” alias uliran aus.

Misalnya, penggantian kanvas rem cakram. Banyak perkara buat komponen ini, baut susah dibuka. Ujung-ujungnya, tukang bubut yg justru beraksi bagi membukanya.

”Tak hanya komponen bergerak, baut-baut pada bodi motor juga tidak jarang susah dibuka, terutama untuk pengguna yg jarang merawat motor,” ucap Sulaiman, mekanik bengkel sepeda motor Honda di Jl Radin Inten-RS Soekanto, Jakarta Timur, belum lama ini.

Jika salah dalam membuka baut yg berkerak atau berkarat, patah mulai menjadi akibat paling buruk. Ini segala bermuara dari usia komponen yg cukup lama dan jarang sekali dibuka. Karat dan saling menempel adalah risikonya.

”Kalau motor baru umumnya baut-baut masih mudah dibuka. Disarankan, baut-baut yg kelihatannya bakal susah dibuka di kemudian hari, diolesi grease dan dipasang lagi. Baut tak mulai berkarat dan menempel,” kata Sulaiman.

Pemberian grease tak perlu ”lebai”, secukupnya saja. Kalau telah melewati proses ini, Sulaiman menjamin baut-baut pada roda, rem, sampai bodi-bodi bawah pun bersiap dibuka kapan saja dengan mudah.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply