Donald Trump Ancam General Motors

By | January 5, 2017

Michigan, Unilinkrc.info – Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump, melontarkan ancaman kepada salah sesuatu produsen mobil, General Motors, melalui akun twitter resminya. Trump mendesak agar GM tak memproduksi model hatchback Chevy Cruze di Mexico, atau mulai dikenakan pajak besar.

Mengutip Bloomberg, Kamis (5/1/2017) pihak GM yg diwakili Tony Cervone, juru bicara GM, menanggapi secara tegas, penyataaan yg dilontarkan Trump kepada pabrikan mobil yang berasal Amerika tersebut.

“General Motors memproduksi Chevrolet Cruze di Lordstown, Ohio, bagi macam sedan, dan segala Cruze yg dijual di Amerika dibangun di pabrik perakitan GM di Lordstown.  Sementara Chevrolet Cruze versi hatchback yg diproduksi di Meksiko ditujukan bagi pasar global, dan penjualan model ini di Amerika Serikat sangat kecil,” ujar Cervone.

Jim Chain, juru bicara GM lainnya mengatakan, cuma menjual 4.500 hatchback  di utara perbatasan Meksiko. Sementara buat Cruze sedan, penjualannya di Amerika mencapai 190.000 unit, yg semuanya diproduksi lokal di Ohio.

Ford Memilih Menyerah

Ketika GM coba bertahan mulai rencana bisnisnya, meskipun diancam oleh Trump, Ford membuat jalan lain. Rencana investasi fasilitas di Meksiko sebesar 1,6 miliar dolar atau Rp 21,2 triliun dibatalkan, di mana dana tersebut mulai dialihkan ke pabriknya Michigan.

“Trump sangat senang kalian mengalihkan investasi ini ke Amerika, dan mulai membuaka 700 lapangan pekerjaan baru. Salah sesuatu faktor yg kita lihat adalah lingkungan bisnis Amerika lebih positif, yg diperkirakan mulai terjadi di bawah Presiden terpilih Trump dengan kebijakan pro-pertumbuhan,” ujar Mark Fields, Chief Executive Officer Ford.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply