Emtek Dan Girnar Sediakan US$ 25 Juta Untuk Kembangkan Oto.com

By | September 29, 2016

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group), induk usaha KMK Online, menyediakan dana mencapai US$ 25 juta atau setara Rp 325 miliar buat mengembangkan Oto.com di Indonesia. Dana itu juga berasal dari mitranya, Girnar Software Private Ltd, perusahaan iklan baris otomotif online yang berasal India.

Sutanto Hartanto, Chief Operating Officer Emtek Group, mengaku duit ratusan miliar itu telah ada dan mulai dipakai buat mengembangkan portal listing otomotif ini di Indonesia. Targetnya, Oto.com menjadi pemain nomor satu. Sayang, dia menolak menjelaskan berapa porsi Emtek Group dan Girnar dalam komitmen dana operasional itu.

“Dana tersebut telah ada dan siapkan. Kami mulai lihat penggunaannya. Jika habis dalam sesuatu tahun atau lebih, ya kita injeksi modal lagi,” kata Sutanto kepada Merdeka.com, usai peluncuran Oto.com di Jakarta, Rabu (28/9) sore.

Oto.com yaitu usaha patungan dengan kepemilikan Girnar sebesar 70 persen dan KMK Online 30 persen. Portal otomotif ini tidak mengurangi portofolio KMK Online di bisnis digital nasional. Saat ini KMK Online memiliki 15 perusahaan dan 21 produk online dengan sumber daya manusia 1.600 orang.

KMK Online sudah memiliki portal Liputan6.com, Vidio.com, Bintang.com, Bola.com, Karir.com di lini media. Selain itu, kelompok usaha punya Eddy K Sariatmadja ini juga menanamkan modal di dua perusahaan lain, termasuk Property Guru grup dan Bukalapak.com.

Adi Sariaatmadja, Presiden Direktur KMK Online, menambahkan pihaknya percaya portal otomotif Oto.com sangat utama buat bisnis perseroan ke depan. Apalagi setelah mengakuisisi platfrom BlackBerry Messenger (BBM). Oto.com mulai membawa terobosan dan kemajuan teknologi di Indonesia, seperti virtual reality experience dealer, yg membuat calon pembeli tak harus tiba segera ke dealer buat melihat atatu membeli mobil.

Prinsipnya, Oto.com menawarkan keleluasaan kepada konsumen buat menelusuri konten dalam jumlah besar tentang segala model kendaraan, yg ditawarkan di Indonesia. Sehingga memungkinkan dan memudahkan konsumen menemukan kendaraan tepat guna, bagi memenuhi kebutuhan mereka.

“Alat pencarian kendaraan revolusioner ini adalah langkah besar menuju ekosistem iklan baris otomotif di Indonesia. Kami percaya Oto.com mampu mengubah landskap industrinya di Indonesia,” ujarnya.

Mohit Yadav, CEO Oto.com, menyatakan optimismenya atas kerja sama ini ketika peluncuran Oto.com. Saat ini portalnya telah bekerja sama dengan 15.000 dealer kendaraan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. “Kami sangat senang dengan kehadiran Emtek di sisi kita dalam perjalanan ini. Kehadiran Emtek mulai mempertegas posisi kita dan memperluas basis pemirsa kami. Dengan keahlian teknologi kita dan jaringan luas Emtek, kalian percaya bahwa Oto.com mulai memimpin pasar portal otomotif di Indonesia.”
Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply