Fakta Menarik Soal Kepuasan Pemilik Mobil Baru Di Indonesia

By | October 3, 2016

Perusahaan riset internasional, JD Power, baru saja merilis Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2016 segmen mass market. Indeks ini memamerkan tingkat kepuasan konsumen ketika membeli mobil baru di periode waktu tertentu. Bagaimana gambaran pengalaman konsumen ketika akan proses pembelian di dealer hingga mobil barunya dikirim dan diterima di rumah mereka.

Daihatsu menjadi jawara di JD Power Indonesia SSI Index 2016. Dua tahun berturut-turut. Namun, riset ini juga memiliki banyak sisi menarik dan utama diketahui publik. Berikut temuan pentingnya yg dirangkum Merdeka.com, buat Anda:

Pertama, rata-rata harga kendaraan baru di Indonesia naik 11 persen menjadi Rp 209 juta di 2016 dari Rp 188 juta di 2015. Para pelanggan sadar terhadap kenaikan ini. Sebesar 12 persen dari pemilik kendaraan menyampaikan harga lebih tinggi dari yg mereka harapkan, lebih tinggi dari tahun dulu yg 9 persen.

Kedua, lebih banyak pelanggan (11 persen) mengalami rasa frustrasi dan masalah, saat berbelanja mobil baru. Seperti minimnya pilihan model yg tersedia dan sedikit staf bagi melayani pelanggan selama proses penjualan.

Ketiga, 96 persen pemilik menerima kendaraan mereka di rumah dan pelanggan mengharapkan tenaga pemasaran bagi menghabiskan paling tak sesuatu jam selama proses serah-terima. Ketika tenaga pemasaran menghabiskan kurang dari sesuatu jam, kepuasan mulai proses pengantaran kendaraan turun menjadi 772 poin, padahal tahun dulu 779 poin.

Keempat, di antara para pelanggan yg sangat puas (nilai SSI 811 atau lebih tinggi), 35 persen menyampaikan mereka ‘pasti akan’ membeli merek kendaraan yg sama dan 52 persen menyampaikan mereka ‘pasti akan’ merekomendasikan merek itu ke keluarga dan teman. Sedangkan pelanggan yg sangat tak puas (nilai SSI 730 atau lebih rendah), cuma 21 persen menyampaikan mereka ‘pasti akan’ membeli kembali merek yg sama dan cuma 26 persen menyampaikan mereka ‘pasti akan’ merekomendasikan merek itu ke orang lain.Baca juga:
Daftar lengkap pemenang Honda Jazz & Brio Tuning Contest 2016
Ini juara Honda Jazz dan Brio Tuning Contest 2016
Daihatsu lebih puaskan pelanggan ketimbang Honda dan Mitsubishi
FIFASTRA umumkan 270 pemenang nonton MotoGP Sepang
Honda Queen nan cantik di kontes modifikasi

Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply