GM Akan “Sharing” Pabrik Dengan Wulling?

By | February 24, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info – General Motor Indonesia pada 30 Juni 2015, resmi menghentikan operasi fasilitas perakitannya di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat. Saat ini GM Indonesia cuma sebagai pedagang di Indonesia, menanggalkan status perakit dengan aktivitas manufaktur.

Model-model yg dihadirkan di Indonesia ketika ini, didatangkan impor secara utuh alias compeletely built up (CBU), dari Korea Selatan maupun Thailand. Padahal sebelumnya GM Indonesia sempat merakit MPV terlarisnya, Chevrolet Spin.

Belum genap sesuatu tahun dari pencabutan aset yg telah diinvestasikan tersebut, pada Januari 2016 tersiar kabar kalau perusahaan yang berasal China, SAIC GM Wuling Automobile Company Ltd. (SGMW) resmi menanamkan investasi di Indonesia, dengan gelontoran dana investasi mencapai 700 juta dollar atau Rp 9 triliun.

Seperti diketahui, salah sesuatu pemilik SGMW sendiri adalah General Motor China. Lalu pada ketika peluncuran tiga model baru GM Indonesia, di Kempinski Hotel Jakarta, Kamis (23/2/2017), Presiden Diektur PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun, ikut hadir.

Apa ini sebagai sinyal kalau SGMW mulai mendukung saudaranya GM Indonesia di dalam negeri? Seperti misalnya dengan berbagi fasilitas perakitan yg dimiliki oleh SGMW di di GIIC, Cikarang, Bekasi seluas 60 hektar.

Donny Apriliananda/Unilinkrc.info Maket hasil investasi 700 juta dollar Amerika Serikat yg dikerjakan SGMW Motor Indonesia.

Saat mencoba ditanyakan kepada Xu Feiyun, dirinya bungkam, dan tak ingin diwawancarai terkait apapun. Begitupun saat coba mengajukan pertanyaan ke pihak GM Indonesia, melalui Gaurav Gupta, Presiden Direktur General Motors (GM) Indonesia.

“Kami ketika ini fokus cuma pada peluncuran produk baru kami. Sekarang ini juga kita beroperasi sebagai nation sales company, membawa masuk produk berkualitas global di Indoenesia,” ujar Gupta.

Direktur Jenderal Industri Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan juga sempat menyinggung GM Indonesia, buat tidak mengurangi lagi investasinya di Indonesia.

“Untuk itu melalui kesempatan ini, kita menghimbau, khususnya kepada GM Indonesia, buat selalu meningkatkan investasniya dan kembali membuka fasilitas di sini. Seperti kalian ketahui, salah sesuatu grupnya melalui SGMW atau Wuling yg terkandung GM di dalamnya telah hadir di sini, dan kalian mulai melihat kembali kegiatan industri dari GM ini di Indonesia,” ucap Putu.

Sumber: http://otomotif.kompas.com