GM Didenda Ratusan Miliar Rupiah Di China

By | December 26, 2016

Shanghai, Unilinkrc.info – Pemerintah China mengumumkan bakal memberikan sanksi denda kepada perusahaan patungan General Motor, dengan perusahaan lokal sebesar 201 juta yuan atau Rp 388,9 miliar. Ini juga mengakhiri spekulasi, mulai merek Amerika mana yg sedang dalam investigasi sejak pertengahan Desember lalu.

Pengawas ketentuan harga di Shanghai mengatakan, kalau sanksi yg dikenakan kepada GM dan rekannya SAIC Motor Corp, karena dituduh sudah memainkan harga buat Cadillac, Chevrolet dan Buick.

“GM sepenuhnya menghormati hukum dan peraturan setempat di mana pun kita beroperasi. Kami mulai memberikan dukungan penuh bersama rekan kami, dan memastikan seluruh tindakan yg diambil responsif dan tepat, sehubungan dengan hal ini,” ujar pihak General Motor China mengutip Reuters, Minggu (25/12/2016).

Baca juga : Dua Merek Amerika Terancam di China

Sementara pihak SAIC motor sampai ketika ini belum mengkonfirmasi dan menjawab pertaanyan yg diajukan pihak Reuters. Sejak pertama kali kabar ini mencuat (15/12/2016), saham merek yang berasal Amerika General Motors dan Ford Motor merosot, masing-masing 3,2 persen dan 1,4 persen.

Hukuman ini adalam yg pertama kalinya lagi sejak 2011 lalu, di mana pemerintah akan melakukan investigasi. Saat itu, merek seperti Audi, Daimler Mercedes-Benz, Toyota Motor, dan salah sesuatu dari perusahaan patungan Nissan Motor, pernah menjadi sasaran.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply