Harga Skutik Naik Setahun 3 Kali Dianggap AISI Wajar

By | September 9, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Salah sesuatu tuduhan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) kepada Honda dan Yamaha terkait dugaan kartel adalah kenaikan harga yg berkali-kali. Dalam setahun, banderol Skutik 110-125 cc melonjak sampai tiga kali.

Inilah yg kemudian disanggah Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yg menilai kenaikan sebanyak tiga kali itu wajar dilakukan. Hal ini terkait dengan strategi pemasaran masing-masing merek agar tak membuat konsumen meradang.

“Dari awal tahun, mereka (Yamaha dan Honda) telah milik hitung-hitungan kenaikan. Kalau tiba-tiba dinaikkan penuh, pasar dapat rusak. Kenaikan bertahap itu telah menjadi hal yg wajar,” kata Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum AISI di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, (8/9/2016).

Gunadi menyebutkan bahwa produsen telah melihat keadaan pasar dan kompetitor bagi menaikkan harga. Kenaikan ini pasti dialami seluruh pemain, dan bukan tak mungkin karena memantau pemain lain.

Sebelumnya tim investigator KPPU mencurigai kenaikan harga jual mencapai tiga kali dalam setahun tidaklah wajar. Mereka menilai seharusnya pabrikan cuma menaikan harga sekali atau beberapa kali dalam setahun.

Kenaikan harga yg dikerjakan Yamaha dan Honda akan Rp 400.000 hingga Rp 600.000. Tim investigator juga menuduh, seharusnya perusahaan besar sekelas Honda dan Yamaha telah menganalisa perhitungan ongkos produksi dilihat dari upah pekerja yg hanya naik sekali dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply