Hino Sebut Tarif Uji Kir Kemungkinan Dilepas Ke “Pasar”

By | March 6, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info – Produsen kendaraan komersial Hino, melalui salah sesuatu diler resminya PT Hibaindo Armada Motor (HAM), resmi membangun fasilitas uji kir (uji berkala) punya swasta pertama di Indonesia. Berlokasi di Jalan Raya Bekasi Timur Km. 22 Cakung, Jakarta Timur, investasi yg digelontorkan mencapai Rp 5 miliar.

Penyelenggaraan fasilitas uji kir oleh swastas telah tertera pada UU LLAJ pada Pasal 53 ayat 3, dan dipertegas oleh Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (Permenhub PBKB), pasal 22 dan 23.

Namun, terkait dengan tarif pengujian berkala yg dikerjakan oleh pihak swasta, pemerintah belum memberikan ketetapannya.

Menanyakan hal tersebut (tarif) kepada pihak Hino, Irwan Supriyono Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, kalau ketika ini fasilitas uji kirnya masih mengikuti pemerintah di angka Rp 87.000-an. Sementara belum ada aturan baru mengenai penetapan harganya.

“Undang-undang cuma menyebut dapat dikerjakan oleh swasta, tetapi sampai pengaturan tarif belum ada. Nampanya bakal dilepas ke pasar juga (terkait tarif), tetapi kalau terlalu  mahal juga tak ada manfaatnya, tak mulai ada yg tiba (lebih memilih ke uji kir Kemenhub),” ujar Irwan, Kamis (2/3/2017).

Irwan melanjutkan, kalau pihaknya ketika ini telah berkoordinasi melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bagi berdiskusi bersama dengan pemerintah mengenai tarif. Selama belum ada ketetapan baru, kemungkinan sampai ketika ini masih mengikuti tarif yg ketika ini.

“Mungkin tarifnya mampu dinaikkan dan diseimbangkan dengan pelayanan yg  terbaik, tetapi tak mampu juga, pasalnya di Indonesia masih melihat dari sisi harga. Kalau beda harga di kisaran 10 persen sampai 20 persen kemungkinan bisa, tetapi kalau sampai berlipat-lipat, mungkin tak mulai ada yg mau,” ujar Irwan.

Pelayanan uji kir punya salah sesuatu diler Hino ini berada sesuatu atap dengan dan bengkel perbaikan (One Stop Services). Jadi saat ditemukan kerusakan, pemilik kendaraan umum dan komersial, mampu segera memperbaiki di lokasi. Bukan cuma bagi bus, fasilitas ini juga dapat melayani seperti truk, taksi hingga taksi online.

Sumber: http://otomotif.kompas.com