Hino Stop Produksi Bus CNG

By | March 3, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info – Kerjasama PT Hino Motors Sales Indoneisa (HMSI) dengan pihak Transjakarta ketika ini mandek. Terutama terkait penyediaan bus baru berbahan bakar gas kompresi atau Compressed Natural Gas (CNG).

Saat ditanyakan kembali, Santiko Wardoyo, Diektur Sales dan Promosi HMSI mengatakan, kalau pihaknya ketika ini tak lagi memasok bus CNG ke Transjakarta. Pasalnya, pihak Transjakarta sekarang tak sedang membutuhkan single bus, tetapi articulated bus (gandeng), sedangkan Hino belum memilikinya.

“Untuk produksinya berhenti, karena sesuai permintaannya saja. Pasalnya bus CNG cuma mampu digunakan di Jakarta, tak mampu secara umum. Kalau di luar Jakarta mau di mana pengisiannya?” kata Santiko, Kamis (2/3/2017).

Bukan cuma berjenis bahan bakar CNG, Hino secara keseluruhan juga telah tak lagi memasok Transjakarta, karena terbentur spesifikasi. “Kita tak milik bus yg gandeng, pokoknya terakhir itu tahun dulu bagi yg CNG single bus 60 unit,” ujar Santiko.

Padahal sebelumnya, pihak Kementerian Perindustrian mengapresiasi langkah Hino yg akan lagi memproduksi bus CNG di akhir 2015 lalu, yg dianggap sejalan dengan program pemerintah bagi mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil, serta polusi udara.

Namun, tak kuatnya dukungan pemerintah, akan dari regulasi dan infrastruktur membuat lini produksinya ketika ini mandek, karena cuma bergantung dengan bus Transjakarta. Kemampuan Hino memproduksi bus CNG juga diklaim menjadi satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.

Sumber: http://otomotif.kompas.com