Honda Genjot Ekspor Komponen Dari Indonesia

By | February 28, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info – Produksi mobil Honda Prospect Motor (HPM) resmi meyentuh angka sesuatu juta unit. Indonesia menjadi salah sesuatu negara penyumbang saat September 2016 dulu pihak prinsipal di Jepang baru merayakan produksi ke 100 juta unit secara global.

Pencapaian sesuatu juta unit HPM juga diikuti dengan ragam prestasi lainnya, seperti peningkatan ekspor komponen serta makin bertambahnya nilai kandungan lokal yg digunakam buat membangun mobil.

Tomoki Uchida, President Director PT HPM, menjelaskan bahwa sejak awal memproduksi mobil pada 2003 hingga ketika ini nilai kandungan lokalnya telah selalu naik seiring dengan penggunaan sumber daya lokal.

“Semua produk Honda yg dibangun di pabrik HPM ketika ini telah memiliki kandungan lokal hingga maksimal 87 persen. Hal ini bukan cuma bagi pasar domestik saja, karena ekspor komponen HPM juga mengalami peningkatan,” ucap Tomoki dalam seremoni acara sesuatu juta unit di Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2/2017).

Peningkatan ekspor menurut Uchida terjadi bukan cuma dalam hal volume kuantitas, tetapi juga nilai sendiri. Bila pada 2015 cuma Rp 1,8 triliun, di 2016 naik menjadi Rp 2.2 triliun, dan pencapain ini disambut dengan peningkatan menjadi 10.000 kontainer dengan nilai lebih dari Rp 2,5 triliun.

Peningkatan target ekspor ini diakui karena HPM juga mengalami penambahan jumlah negara penerima komponen. “Saat ini ada 12 negara, seperti Malaysia, Thailand, Turki, Pakistan, Filipina, Taiwan, Vietnam, Meksiko, Jepang, Brazil, dan Argentina,” kata Uchida.

Sumber: http://otomotif.kompas.com