Honda Indonesia Stop Jadi Eksportir

By | October 2, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Berakhirnya produksi lokal Freed bukan hanya membuat penjualannya berhenti, tapi juga menjadikan Honda Prospect Motor (HPM) tak lagi mengekspor mobil dalam dalam keadaan utuh (completely built up/CBU). Sekarang HPM tak lagi berperan sebagai pihak eksportir CBU dari Indonesia.

Selama ini satu-satunya model ekspor CBU dari HPM cuma Freed. Di tahun yg sama ketika peluncurannya pada 2009, HPM memulai distribusi unit Freed ke negara tetangga, merupakan Thailand, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

HPM telah menetapkan Freed berhenti diproduksi pada Juni lalu. Alasannya, MPV 7-penumpang dengan bodi mengotak ini tak lagi jadi pilihan sejak model produksi lokal lainnya, Mobilio, HR-V, dan BR-V, hadir.

Freed diproduksi di pabrik HPM Kawasan Industri MitraKarawang (KIM), Desa Parungmulya, Karawang, Jawa Barat. Di kawasan itu, HPM memiliki beberapa fasilitas produksi dengan total kapasitas mencapai 200.000 unit kendaraan per tahun. HPM masih mengekspor komponen.

Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director HPM, di Jakarta, Kamis (29/9/2016), menjelaskan Honda di Indonesia kini sedang berkonsentrasi memenuhi kebutuhan lokal. Indonesia disebut sebagai salah sesuatu pondasi Honda buat kawasan Asia, bersama Thailand dan India. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply