Inovasi Baru, Polusi Kendaraan Dikonversi Jadi “Tinta”

By | February 19, 2017

Cambridge, Unilinkrc.info – Sejak revolusi industri abad ke-19, polusi sudah menjadi lebih dari sekedar masalah. Bahkan tak diragukan lagi, ketika ini polusi telah menjadi salah sesuatu persoalan terbesar dunia modern, khususnya dari kendaraan bermotor.

Semua pihak sedang berlomba-lomba buat mampu mengatasi persoalan tersebut, seperti salah satunya yg dikerjakan MIT Media Lab. Melalui usahanya bernama “Graviky Labs”, mereka mengembangkan metode baru bagi mengonversi emisi yg keluar dari sepeda motor dan mobil, menjadi tinta hitam berkualitas tinggi, sebelum tersebar ke udara dan dihirup manusia.

Mengutip Motor1, Jumat (17/2/2017) Graviky Labs menelurkan perangkat yg disebut “Kaalink”. Komponen berupa logam, yg dipasangkan diujung knalpot, di mana ini dapat menangkap 95 persen partikel emisi, tanpa menyumbat gas buang.

Pihak Graviky mengatakan, dengan menangkap emisi berbahaya selama 45 menit mampu menghasilkan sesuatu cairan tinta sebanya 29 ml, yg cukup buat mengisi pena. Perusahaan akan menawarkan ini melalui kampanye Kickstarter-nya.

Menggunakan proses industri standar, mampu mengahsilkan tinta yg memiliki ketahanan cuaca berkualitas tinggi dan aman, seperti produk sejenis yang lain yg tersedia di pasar ketika ini. Produk akhir yg dikenal sebagai “Air-Ink”, tersedia dalam empat macam spidol atau pena yg mampu diisi ulang. Selain itu, disediakan juga bagi kebutuhan tinta sablon.

Graviky Labs menyampaikan, seandainya kampanye Kickstarter berhasil, maka dana mulai digunakan bagi meningkatkan produksi, dalam upaya bagi mengubah polusi menjadi alat buat seni. Lebih dari itu, produk tinta juga mulai ditambah, termasuk cat kain, minyak, dan bagi di luar ruangan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com