Jangkau 80 Negara, Toyota Indonesia Tembus Ekspor 1 Juta Unit

By | October 31, 2016

Pergi.com, promo tiket pesawat seluruh maskapai! Pabrikan otomotif dunia Toyota telah berusia 45 tahun di Indonesia. Perayaannya dikerjakan akhir minggu lalu, yg dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan dua menteri terkait.

Di republik ini, bisnis Toyota digawangi oleh beberapa perusahaan, yakni PT Toyota-Astra Motor dengan peran sebagai agen pemegang merek dan distribusi, dan PT Toyota MOtor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan peran sebagai pabrikan/produksi mobil Toyota.

Selain memproduksi dan memasarkan mobil Toyota ke pasar domestik, bisnis Toyota di Indonesia juga menjangkau pasar ekspor. Inilah capaian pasar ekspor Toyota Indonesia, yg dirangkum Merdeka.com buat Anda.

Ekspor CBU

Toyota Indonesia melakukan ekspor kendaraan utuh atau completely built-up (CBU) sejak 1987. Produk ekspor pertama adalah Toyota Kijang generasi ke-3 (Kijang Super) yg diekspor ke Brunei Darussalam. Saat itu, volume ekspor per tahunnya berada di kisaran 500 unit, dengan tujuan lima negara di kawasan ASEAN dan Pasifik. Masih sedikit memang.

Seiring waktu, volume ekspor Toyota Indonesia selalu berkembang. Momentum besar didapat, sejak pengembangan Toyota Kijang generasi ke-5 atau dikenal dengan Kijang Innova pada 2004. Kinerja ekspor Toyota Indonesia selalu meningkat selanjutnya, seiring mulainya diproduksi Fortuner, Vios, dan Yaris di Indonesia.

Saat ini ratarata volume ekspor kendaraan utuh Toyota dari pabrik Toyota dan grup di Indonesia mencapai 12.000 unit per bulan. Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh model Toyota dari Indonesia mencapai angka 176.700 unit. Jumlah ini menyumbang sekitar 85 persen terhadap total ekspor kendaraan utuh Indonesia.

“Ekspor Toyota Indonesia kini menjangkau 80 negara di dunia, di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, serta Afrika,” ujar Hiroyuki Fukui, Managing Officer Toyota Motor Corporation- CEO for Asia, Middle East, & North Africa, sekaligus Presiden Direktur Toyota-Astra Motor, ketika membacakan sambutan di perayaan ulang tahun ke-45 Toyota Indonesia.

Capaian terkini ekspor Toyota Indonesia tercapai pada September 2016. Total volume ekspor yg dicapai berhasil menembus angka 1 juta unit, tepatnya 1.001.726 unit.

Ekspor CKD

Selain menjual kendaraan secara utuh ke pasar luar negeri, Toyota Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor dalam bentuk kendaraan terurai atau disebut complete knock-down (CKD), beberapa tipe mesin bensin dan ethanol, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengepresan (dies) dan proses pengelasan (jig).

Saat ini, produk-produk TMMIN memiliki kandungan lokal berkisar antara 60-85 persen yg didukung oleh 139 pemasok lokal di lapis pertama.Baca juga:
Inilah alasan wapres Jusuf Kalla merasa begitu dekat dengan Toyota
Presdir Toyota Indonesia: Kami bersiap hadapi duet Mitsubishi-Nissan
Kolaborasi Toyota-Daihatsu tantang Mitsubishi dan Honda di Asia
Baru terjual 68 unit, mobil sport Toyota 86 alami penyegaran
Jualan 280.179 unit, Toyota terlalu kuat di segmen mobil MPV

Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply