Jualan 280.179 Unit, Toyota Terlalu Kuat Di Segmen Mobil MPV

By | October 26, 2016

Pergi.com, promo tiket pesawat segala maskapai! Mengakhiri kuartal III 2016, Toyota Indonesia mencatat kinerja positif dengan total penjualan ritel 280.179 unit. Ini tumbuh 18,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada periode ini, Toyota membukukan pangsa pasar sebesar 36 persen di pasar nasional.

Menurut rilis Toyota Indonesia ke Merdeka.com, kemarin, pencapaian tersebut didukung kenaikan penjualan di segmen sport utility vehicle (SUV) dan multipurpose vehicle (MPV). Segmen MPV berkontribusi terbesar, dengan mencatat total penjualan ritel 171.780 unit atau naik 31,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Pangsa pasar Toyota pun semakin kuat di segmen MPV menjadi 54,8 persen. Di segmen ini, jagoan Toyota tetap model Avanza-Veloz dengan penjualan ritel 101.458 unit atau tumbuh 10,5 persen.

Sementara Toyota Calya yg diluncurkan Agustus dulu mencatat total penjualan ritel 17.631 unit di periode Agustus-September saja. Sehingga menempatkan mobil ini sebagai market leader di segmen entry MPV dengan pangsa pasar 41,5 persen.

Toyota Sienta dan Kijang Innova juga memperlihatkan kinerja cukup baik. Sienta yg baru 3 bulan diperkenalkan di pasar nasional mencatat penjualan ritel sebesar 5.379 unit. Sedangkan Kijang Innova meraih penjualan sebesar 44.596 unit atau tumbuh 22,1 persen. Pertumbuhan serupa juga terjadi si segmenb MPV mewah lewat model Alphard dan Vellfire.

Di segmen SUV, Toyota membukukan penjualan ritel 38.311 unit, dengan pangsa pasar 28 persen. Hasil tersebut tumbuh 33,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Kenaikan ini ditopang oleh model All New Fortuner dengan total penjualan 19.740 unit. Sedangkan Toyota Rush relatif stabil dengan total penjualan sebesar 18.571 unit.

“Pasar MPV memang kelihatan lebih dinamis, apalagi dengan masuknya sejumlah produk baru yg mendapat respons positif dari konsumen,” Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Menurut Henry, keadaan tersebut memberi dampak positif terhadap TAM, yg mempunyai line-up terlengkap di segmen MPV. Ini tampak dari kinerja beberapa produk andalan Toyota di segmen MPV, merupakan Toyota Calya dan Toyota Sienta yg berhasil menjadi pilihan dan banyak diminati pelanggan.
Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply