Kabin Hyundai Bisa Atasi Stres Pengemudi

By | January 6, 2017

Las Vegas, Unilinkrc.info – Memanfaatkan ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, Hyundai mengenalkan visi baru buat masa depan dengan sistem yg concern terhadap kesehatan penggunanya.

Bukan mobil, melainkan cuma kokpit atau kabin. Produsen mobil yang berasal Korea Selatan itu menyebutnya Health + Mobility Cockpit. Konsep ini didesain bagi memonitor kesehatan penumpang dan dapat mengatasi stres dan efek negatif yang lain karena mengemudi.

Di dalam kabin itu, ada yg namanya ”Mood Burst”, dengan sensor-sensor tertentu buat mendeteksi pengemudi yg kehilangan konsentrasi. Jika sistem mendapatinya, memicu aktifnya ”Alert Burst” yg mulai memberi peringatan buat pengemudi.

Level selanjutnya, seandainya level stres makin meningkat, kabin mulai mengaktifkan apa yg disebut ”Calm Burst” buat memberi relaksasi pada pengemudi. Misalnya, seandainya telah hilang fokus, jok mulai secara otomatis diubah posisinya lebih tinggi.

Tak cuma itu, pada level yg lain, pencahayaan kabin yg lebih nyaman mulai ditawarkan buat meredam emosi dan ketegangan ketika menyetir.

Ada juga pengatur aroma yg dapat mengeluarkan bau-bauan yg dapat merelaksasi. Misalnya, wangi lavender atau eucalyptus bagi menenangkan pengemudi. Atau wangi cedar dan pepermint yg mampu menyemangati. Elemen yang lain yg mampu berubah adalah temperatur dan suara.

Meski Hyundai belum mulai memproduksi paket kabin Health + Mobility Concept ini, tapi perusahaan menyatakan bahwa salah sesuatu sensor atau elemen pada konsep ini dapat dibawa pada mobil-mobil yg mulai diproduksi dalam waktu mendatang.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply