Kenalan Lagi Sama Mobil Terfavorit BMW

By | September 2, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Dari sekian banyak peserta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) lalu, BMW Group Indonesia adalah salah sesuatu dari sedikit merek yg ikut tema “Green Technology for a Better Future”. Buahnya manis, genre mobil sport hibrida plug-in pertama di dalam negeri, BMW i8, terpilih jadi mobil terfavorit pilihan pengunjung.

Dari tampilan, i8 memang pasti mencuri perhatian namun sebenarnya mobil yg dijual Rp 3,5 miliar –off the road ini milik banyak hal menarik bagi diketahui.

Febri Ardani/Unilinkrc.info BMW i8.

Mobil safety car di ajang balapan pamungkas mobil listrik Formula E ini bukan pertama kali hadir di dalam negeri. Sebelumnya pernah dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, namun ketika itu statusnya masih pajangan, belum dijual.

BMW i8 memiliki panjang 4,689 m, lebar 1,921 m, dan tinggi 1,297 m dengan jarak sumbu roda 2,8 m. BMW i8 milik beberapa sumber tenaga, merupakan mesin bensin 3-silinder 1.5L Twin Turbo dengan transmisi 6-percepatan dan motor listrik berteknologi eDrive plus transmisi 2-percepatan.

Febri Ardani/Unilinkrc.info Mesin bensin 3-silinder 1.5L Twin Turbo BMW i8 terletak di belakang

Mesin bensin menghasilkan tenaga 231 tk dan torsi 320 Nm ke roda belakang, sedangkan tenaga 131 tk dan torsi 250 Nm dialirkan ke roda depan. Tenaga listrik didapat dari baterai lithium-ion yg diletakan di tengah bodi agar titik pusat gravitasi semakin rendah. Letaknya 460 mm dari permukaan tanah, terendah dari seluruh model BMW.

Febri Ardani/Unilinkrc.info Kabin BMW i8.

Kombinasi kemampuan dari beberapa mesin, 362 tk dan torsi 570 Nm, membuat mobil sport 2+2 ini mampu melesat 0 – 100 kpj dalam 4,4 detik. Dalam mode murni listrik, kemampuan jelajahnya 37 km dengan kecepatan puncak 120 kpj.

Febri Ardani/Unilinkrc.info Jok BMW i8.

Total berat i8 hanya 1.485 kg, angka itu dapat dicapai karena rancangannya milik sesuatu tujuan, efisiensi. Kerangka dibuat dari bahan carbon fibre reinforced plastic (CFRP), lapisan terluar terdiri dari material anti-korosi thermoplastic polymers yg beratnya hanya setengah baja lembaran.

Produksi i8 dilakukan dengan teknik manufaktur kelas tinggi. Produksinya dikerjakan di pabrik BMW di Leipzig, Jerman, yg operasionalnya memanfaatkan empat turbin angin.

Febri Ardani/Unilinkrc.info Baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga motor listrik BMW i8 mampu diisi ulang lewat listrik rumahan, BMW Indonesia menjual i8 berikut instalasi perangkat pengisian ulang bagi dipasang di rumah.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply