“Kencan Kilat” Dengan Sport Kupe Lexus RC300h

By | September 4, 2016

Shizuoka, Unilinkrc.info – Pada rangkaian acara Toyota Technology Media Trip yg berlangsung di Jepang, 28 – 31 Agustus 2016, ada sesi tes dua model-model ramah lingkungan seperti Mirai, Prius, dan Crown Majesta Hybrid. Awalnya memang terkesan kurang menarik karena awak redaksi telah mencobanya ketika Tokyo Motor Show 2015 di trek yg sama, lintasan mini di Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang.

Kendati demikian ada model yg menarik pandangan mata buat dicoba merupakan Lexus RC300h. Kupe 2 pintu dengan tampilan sporty yg amat kental tersebut seolah “mengajak berkencan” meskipun cuma sesaat. Makin menarik lagi, mobil sport hibrida dengan tenaga 220 tk mulai diuji di lintasan licin karena keadaan cuaca sedang Hujan.

Memang tak mulai mendapatkan hasil maksimal, namun sesuai tema acara, awak redaksi mulai coba dengan cara berbeda. Kali ini konsentrasi uji mencoba lebih pada teknologi perangkat keselamatan aktif.

Kontrol stabilitas

Karakter mesin 2.5L serta motor listrik memang menghasilkan tenaga spektakuler. Namun bagi ukuran kupe sport telah cukup mumpuni. Namun karena keadaan lintasan licin maka tenaga yg dimiliki telah cukup membuat repot pengemudi buat dapat melaju cepat di jalur.

Tentu saja peran kontrol stabilitas sangat berarti di lintasan yg berjarak sekitar 800 meter tersebut. Terutama ketika manuver di tikungan yg cukup tajam. Saat menikung, dua kali bagian belakang mobil hendak menyusul depan (oversteer) karena lintasan licin.

Namun gejala negatif tersebut bisa diminimalisir dengan baik. Daya cengkram didistribusikan dengan baik ke ban yg tepat bagi mendapat grip maksimal. Meski pedal gas masih ditekan namun tenaga tak tersalur karena dinilai belum tepat buat berakselerasi.

Hal yg sama mencoba dikerjakan pada tikungan dengan karakter berbeda. Namun tetap kontrol stabilitas dapat mengantisipasi dengan baik.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply