Kini Lampu Rem Bisa Dipasang Di Helm

By | January 8, 2017

Paris, Unilinkrc.info – Perusahaan pegembang alat keselamatan pada sepeda motor, Cosmo Connected, perkenalkan helm unik, dengan lampu rem. Biasanya lampu ini adanya di bagian kaca atau ban serep pada jip, sebagai pencahayaan tambahan bagi keterangan pengendara di belakangnya.

Menariknya, meskipun tanpa kabel, nyala lampu di belakang helm ini mampu senada dengan yg ada di sepeda motor. Salah sesuatu tujuannya, demi tidak mengurangi visibilitas biker saat berkendara, terutama pada malam hari. Pasalnya, pengendara sepeda motor tak jarang diseruduk dari belakang, salah satunya karena tak begitu tampak untuk pengendara mobil.

“Tujuan kalian adalah buat menciptakan sebuah standar keamanan baru buat pengendara sepeda motor,” kata Romain Afflelou, Presiden Cosmo Connected, mengutip Rideapart.com, Sabtu (7/1/2017).

Selain meningkatkan visibilitas, piranti baru Cosmo ini dapat mendeteksi tabrakan, dan mulai mengirim perintah ke aplikasi yg terhubung bagi menghubungi layanan darurat, bersama dengan info geolocation dan profil medis biker.

Sistem ini juga bisa mengolah data bagi menentukan daerah berisiko tinggi yg memiliki potensi tabrakan bagi sepeda motor. “Cosmo tak cuma sekedar gadget, tetapi alat yg ampuh yg dirancang bagi menyelamatkan nyawa,” tutur Afflelou.

Piranti ini mulai dirilis pada Mei tahun 2017 dan mulai dijual seharga 99 dolar Amerika atau cuma Rp 1,3 juta. Aksesori Cosmo ini menempel pada bagian belakang helm sepeda motor melalui magnet, yg diklaim tahan seluruh cuaca, juga mampu berperan sebagai lampu rem biasa.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply