Kondisi Pasokan Bahan Bakar Jelang Libur Panjang

By | September 9, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III memastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten aman menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1437 H. Saatini, ketahanan pasokan Premium di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) adalah 13,5 hari, Pertamax Series (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex) 14 hari, Solar 32 hari, LPG 5 hari, dan Avtur 4,2 hari.

Diterangkan dalam siaran resmi (8/9/2016), selama periode liburan, yakni 9-12 September 2016, konsumsi Premium diperkirakan mengalami kenaikan sebanyak 3 persen di atas penyaluran normal, merupakan sekitar 13,514 KL per hari. Sedangkan Pertamax Series mengalami peningkatan sebanyak 11 persen di atas penyaluran normal, merupakan sekitar 14,051 KL per hari.

Sementara konsumsi Solar PSO mulai mengalami penurunan sebanyak 4 persen di bawah rata-rata penyaluran normal selama 2016, merupakan sekitar 8,074 KL per hari.

Pertamina juga mulai meningkatkan pasokan LPG, merupakan sebesar 4 dari alokasi penyaluran normal, merupakan 5,869 MT per hari. Di dua wilayah JBB seperti Kabupaten Bandung, penambahan pasokan (fakultatif) mulai diberlakukan pada H-1 dan H+1 Hari Raya Idul Adha.

Untuk mendukung kelancaran distribusi dan ketahanan stok, Pertamina membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) buat pemantauan tersedianya BBM. Satgas ini selalu beroperasi sejak H-3 sampai dengan H+1 setelah Idul Adha

Selain itu, disiapkan juga kantong BBM merupakan mobil tangki dengan muatan bbm yg mulai disiapkan di SPBU yg berada di jalur rawan kemacetan. Fungsi dari kantong bbm tersebut adalah sebagai back up penyaluran. BBM dalam kemasan juga mulai disiapkan di titik-titik strategis di sepanjang jalur mudik dan jalur arus balik.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply