Luncurkan New Innova Venturer, Bukti Toyota Belum Puas Rajai MPV

By | January 20, 2017

Toyota Indonesia terbilang memiliki line up terlengkap di segmen multipurpose vehicle (MPV) dibandingkan pemain yang lain di pasar otomotif nasional. Tak heran, bila Toyota menjadi raja di segmen ini dengan pangsa pasar sekitar 55 persen pada tahun lalu.

Meski lengkap, Toyota selalu tidak mengurangi line up mobil MPV dengan memasarkan New Kijang Innova Venturer pada Kamis sore (16/1). Untuk diketahui, ketika ini Toyota memiliki seluruh segmen MPV di tanah air. Segmen entry MPV, misalnya, diwakili model Calya, low MPV ada Avanza dan Veloz, dan Sienta di MPV. Kemudian medium MPV ada Kijang Innova, high MPV ada NAV1, dan luxury MPV ada Alphard.

Mengapa Toyota Indonesia selalu tidak mengurangi line up MPV yg telah sesak itu?

Soerjofranoto, Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengaku Toyota masih melihat segmen pasar MPV sebagai tantangan pada 2017. Alasannya, bagi model All New Sienta, pemasarannya belum full year, lantaran baru dipasarkan per Agustus tahun lalu. Meski pangsa pasar mobil MPV Toyota memang masih yg terbesar di industri otomotif Indonesia dengan pangsa sekitar 50 persen.

Alasan lainnya diungkapkan oleh Henry Tanoto, Vice President TAM. Kata dia, pasar mobil MPV masih yg terbesar di Indonesia. Meski di tahun dulu pertumbuhan pasar mobil MPV kalah tinggi dibandingkan segmen sport utility vehicle (SUV).
Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2016, penjualan wholesales mobil SUV naik 48 persen menjadi 189.944 unit dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan mobil MPV yg cuma tumbuh 6 persen menjadi 338.874 unit.

“Tahun dulu pertumbuhan penjualan SUV memang terbesar, tetapi secara volume penjualannya masih nomor 3, setelah MPV dan hatchback/citycar,” ujar Henry.

Karena itu, lanjut dia, pasar mobil MPV mulai selalu bertumbuh di 2017, seiring pertumbuhan pasar mobil nasional yg diprediksi naik sebesar 3-5 persen.Baca juga:
New Venturer dibanderol Rp 386 juta, New Corolla Altis Rp 422 juta
Toyota Kijang Innova Venturer dilepas Rp 386,3 juta?
Laris manis, pembeli All New Kijang Innova diesel kudu inden 2 bulan
All New Kijang Innova versi diesel paling banyak dicari
Indonesia jadi negara pertama yg jual All New Kijang innova

Sumber: http://www.merdeka.com