“Menari Bersama Godzilla” Di Silverstone

By | October 31, 2016

Northampton, Unilinkrc.info – Ubahan pada Nissan GT-R 2017 kali ini memang cukup menyeluruh. Bukan cuma tampilan, tenaga dan suspensi juga mendapat sentuhan yg berarti.
 
[Baca : Melihat dari Dekat Nissan GT-R Model 2017]
 
Paralel dengan tes tenaga godzilla – sebutan GT-R – Unilinkrc.info juga menjajal performa suspensi. Disebutkan suspensi model terbaru ini lebih kaku (rigid) dibanding versi sebelumnya. Efeknya lebih mantap bermanuver.
 
[Baca : Mencoba Performa Nissan GT-R 2017 hingga 230 Kpj]
 
Saat coba di trek kecil Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris, berjarak 2,6 km, Selasa (25/10/2017), awak redaksi telah merasakan hal tersebut. Perbedaan amat terasa terutama ketika manuver di tikungan S dan belokan oval jelang garis finis sirkuit.

GT Academy Membandingkan dengan Nissan GT-R 2014

Body roll
 
Saat coba model 2014, di tikungan S pergeseran body (body roll) cukup terasa saat masuk dan keluar. Bahkan indikator kontrol stabilitas sempat menyala. Kondisi tersebut menandakan adanya gejala negatif pengendalian. Terasa body belakang seperti hendak menyusul (oversteer).
 
Lain halnya ketika bermanuver di tikungan karakter oval yg panjang. Pedal gas dapat akan ditekan saat mobil hendak melintas bagian dalam tikungan ketika mengemudikan versi 2017. Sekilas melirik ke panel dasbor, jarum speedometer menunjuk 120 kpj. 
 
Sedangkan model sebelumnya pedal gas baru dapat ditekan saat keluar tikungan. Jika bukaan gas dikerjakan sebelum atau ketika melintas bagian dalam tikungan, pergeseran sedikit terasa dan kontrol stabilitas aktif. Efeknya kecepatan tereduksi buat mengantisipasi oversteer.
 
Kedua tes tersebut dikerjakan dengan parameter pengujian yg sama. Terutama perlakuan yg sama pada titik pengereman.
GT Academy Performa suspensi Nissan GT-R 2017 makin ciamik
Kesimpulan
 
Dari kacamata kami, bagi mobil sport bertenaga di atas 500 tk dengan harga yg lebih murah dibanding kompetitor, GT-R 2017 ini telah terbilang paket sempurna. Tampilan eksotis, mesin mumpuni dengan rekor 0 – 100 kpj dengan waktu tempuh 2,8 detik, dan suspensi yg sesuai. Informasi terakhir GT-R 2017 dijual Rp 3,3 miliar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply