Mengapa Hubungan Tiga Dekade Indomobil Dengan Volvo Putus?

By | February 21, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info – Siapa sangka, hubungan lebih dari tiga dekade antara merek mobil yang berasal Swedia, Volvo, dengan Indomobil Sukses International Tbk dapat kandas. Volvo menjadi merek yg cerai dengan Indomobil sejak merek yang berasal China, Chery, dilepas pada 2011.

Kehilangan pandangan soal potensi kendaraan penumpang Volvo di dalam negeri, disinyalir jadi alasan keputusan Indomobil. Situasi untuk Volvo memang sulit, selama dua tahun terakhir tak ada produk baru, diler rekanan berguguran, dan nol penjualan.

“Indomobil itu kalau bermain di merek, ada dua hal yg harus kita perhatikan. Pasarnya harus kuat karena investasi di situ tak kecil, dan lagi kemunculan merek itu kan tak mampu dikatakan hanya ada di Jakarta. Itu sangat pengaruh,” jelas Komisaris Indomobil Gunadi Sindhuwinata, di Jakarta, Sabtu (18/2/2017).

Keputusan Indomobil murni bisnis, sebut Gunadi. Sikap Indomobil dikatakan tak mampu mengandalan nilai sentimental walau telah memegang Volvo sejak 1970an.

Di yang lain sisi, pemilik Volvo sejak 2010, Zhejiang Geely Holding Group Co., Ltd, tentu milik visi besar soal bisnis global Volvo. Jika memahami karakter perusahaan yang berasal China, telah pasti ingin volume besar. Hal itu tak dapat dipaksakan dengan rekanan lama di Indonesia.

Mulai 1 Januari 2017, Volvo Cars resmi diambil alih oleh Grup Garansindo sebagai distributor resmi. Perusahaan yg berpengalaman mengolah merek premium itu berjanji bakal menghidupkan kembali Volvo di dalam negeri. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com