Menyaksikan Dari Dekat Uji Tabrak Di Fasilitas Toyota

By | September 3, 2016

Shizuoka, Unilinkrc.info – Salah sesuatu proses yg wajib dikerjakan sebelum produsen menjual mobil adalah uji tabrak. Begitu pula dengan Toyota yg memiliki fasilitas khusus bagi tes tabrak di Higashi Fuji, Shizuoka, Jepang.

Awak redaksi mampu kesempatan khusus bagi menyaksikan dari dekat proses uji tabrak di fasilitas tersebut dalam rangkaian Toyota Technology Media Trip 2016, Selasa (29/8/2016). Model yg tengah dites adalah Prius terbaru. Pengujian yg dikerjakan adalah tumbukan frontal depan sudut samping (oblique frontal crash test).

Prius menjadi objek yg mulai ditabrak trolly berbahan alluminium honey comb berbobot 2,5 ton. Prius diparkir di tengah area yg disinari lampu dari 4 sisi. Lantai tempat parkir terbuat dari kaca tebal.

Kamera dipasang di berbagai sudut buat mengabadikan proses tersebut. Bahkan ada kamera yg dipasang dari bawah kaca lantai tempat Prius di parkir buat mengetahui impak yg terjadi di bagian bawah.

90 kpj

Sirine dan mulai menyala bagi memberikan keterangan bahwa mulai ada pengujian. Operator mulai menghitung mundur waktu start. Selang dua detik setelah start, tiba-tiba muncul trolly yg melaju 90 kpj dari arah depan Prius.

toyota Tes tabrak sudut depan Toyota Prius

Bagian depan trolly berbahan alluminium honey comb segera menabrak sisi depan sebelah kiri Prius. Usai tumbukan keras, mobil hibrida itu pun segera terempas berputar 2 kali menjauhi lokasi awal. Begitu pula dengan trolly.

Ringsek

Benturan keras tersebut membuat sisi depan kiri Prius ringsek cukup parah. Apron kiri merangsek ke arah dinding antara mesin dan kabin (firewall).

Aki dan power control unit (PCU) berubah posisi agak menempel ke firewall. Fender kiri posisi telah menempel ke ban. Sistem suspensi dan kaki-kaki sebelah kiri rusak parah. Begitu juga kaca depan yg retak namun tak hancur.

Ada pergeseran dua panel body terutama bagian depan. Anehnya jarak panel pintu dengan pilar B cuma bergeser sedikit dan pintu masih mampu dibuka.

Kabin

Boneka demo atau manekin yg berada di kabin tak kelihatan dari sisi kanan kiri karena tertutup kantung udara samping. Selain kantung udara samping, bagian depan juga meledak dengan sempurna.

Manekin yg berada di dalamnya masih utuh dan berbentuk sempurna (tidak ada yg patah atau terlepas dari posisi awal). Tidak ada body bagian dalam yg robek terutama firewall. Hanya pedal gas dan rem saja bengkok ke samping. Posisi baterai dan perangkat sistem hibrida di kabin masih aman.

Kesimpulan

Secara visual, Prius hybrid yg diproduksi tergolong aman dari benturan samping depan. Perangkat keselamatan baik yg bersifat pencegahan terhadap cedera bekerja dengan optimal.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply