Mobil Hidrogen Toyota Ditarik Massal

By | February 26, 2017

Tokyo, Unilinkrc.info – Toyota Motor Corp mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall) mobil berbahan bakar hidrogen, Mirai. Total kendaraan mulai ditarik dan diperbaiki berjumlah 2.800 unit, yg terjual di segala dunia, mengutip Reuters, Jumat (24/2/2017).

Penarikan kembali dikerjakan karena ditemukan adanya kecacatan pada tegangan output listrik, yg dihasilkan oleh sistem bahan bakar hidrogen Mirai. Toyota menyatakan, gangguan dapat terjadi dalam keadaan mengemudi yg unik, seperti ketika pedal gas ditekan ke posisi throttle terbuka lebar, setelah melalui jalan menurun yg lama, dengan memakai cruise control.

Seketika itu, tegangan output yg dihasilkan. dan dikeluarkan fuel cell boost converter, mampu melebihi tegangan maksimum. Sampai ketika ini, Toyota sudah menjual sekitar 2.840 mobil Mirai di Jepang, Amerika Serikat dan dua pasar di Eropa, serta Uni Emirat Arab.

Diler-diler Toyota, mulai memperbarui perangkat lunak di Mirai, tanpa mengenakan biaya kepada pelanggan. Pihak Toyota juga menyampaikan, proses ini mulai memakan waktu sekitar setengah jam.

Toyota pertama akan menjual Mirai berbahan bakar hidrogen pada Desember 2014 di Jepang, pasar dalam negerinya. Di mana ini adalah upaya mereka menjadi pemimpin dalam hal teknologi terbaru, di industri otomotif.

Toyota sudah mempromosikan kendaraan fuel cell (hydrogen), sebagai produk yg masuk dalam daftar kendaraaan hibridanya. Meskipun kurangnya stasiun pengisian bahan bakar hidrogen, bakal menjadi rintangan utama, buat mebuatnya dikonsumsi secara lebih luas.

Sumber: http://otomotif.kompas.com