Mobil Perdesaan Akan Punya Dua Pilihan Mesin

By | February 24, 2017

Jakarta, Unilinkrc.info — Gaung mobil perdesaan telah semakin santer terdengar. Mobil yg dibuat dengan target harga jual cuma Rp 60 jutaan ini diharapkan dapat menjadi moda penggerak perekonomian masyarakat di desa.

Meski sampai ketika ini prosesnya masih selalu berjalan, tapi ada kabar bahwa nantinya mobil perdesaan mulai memiliki beberapa pilihan mesin, yakni bensin dan diesel.

Ketika dikonfirmasi ke pihak pihak Institut Otomotif Indonesia (IOI), I Made Dana Tangkas, Presiden IOI, menyampaikan bahwa kabar tersebut memang benar.

“Iya, rencananya seperti itu, kita tawarkan mesin bensin dan diesel agar mereka dapat memilih mana yg pas digunakan,” ucap Made ketika dihubungi Unilinkrc.info, Jumat (24/2/2017).

Menurut Made, bagi kapasitas mesin diusahakan dengan ukuran kecil bagi mengejar efisiensi. Sayangnya, Made belum menjelaskan pihak mana yg nantinya mulai dipilih buat menyuplai mesin.

“Ya itu harapannya, kami usahakan mampu di bawah 1.000 cc. Lihat nanti, pasti mulai dikabarkan perkembangannya,” kata Made.

Meski demikian, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan telah sempat menyatakan bahwa nantinya mesin mobil perdesaan mulai ditopang oleh Toyota dan Daihatsu.

Baca : Toyota dan Daihatsu Jadi Pemasok Mesin Mobil Perdesaan

“Kami berupaya menggandeng banyak dalam proyek mobil pedesaan, termasuk produsen otomotif di Indonesia. Kami lagi mencoba kerja sama dengan Toyota dan Daihatsu, mereka kan jual kendaraan terbanyak, terutama komponen kritikal seperti mesin dan transmisi,” ucap Putu dalam siaran resminya, Jumat (3/2/2017).  

Sumber: http://otomotif.kompas.com