Pabrik Komponen Baru Beroperasi Di Karawang

By | October 1, 2016

Karawang, Unilinkrc.info – Produsen komponen otomotif PT Aisin Indonesia Automotive (AIIA) dan PT Advics Manufacturing Indonesia (ADSMIN) resmikan pembangunan pabrik di Kawasan Industri KIIC Karawang, Jawa Barat, Kamis (29/9/2016).

Secara tak segera kedua perusahaan tesebut, sahamnya dimiliki oleh Astra Otoparts, melaui anak usahanya PT Aisin Indonesia yg berkerja sama dengan Aisin Seiki Jepang menghasilkan AIIA. Kemudian perusahaan ADSMIN, yg dilahirkan dari Aisin Indonesia dengan Advics Indonesia.

Gelontoran dana Investasi buat fasilitas produksi PT AIIA menyentuh angka Rp 1,1 triliun, dan berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Didukung oleh 500 orang pekerja, AIIA sudah memulai aktivitas produksi body parts dan engine parts di Mei 2016, dengan kapasitas prouksi 6 juta unit per tahun.

Produk yg dhasilkan AIA sendiri di antaranya center pilar garnish, door handle, power seat motor, power siliding door bagi body parts dan cam housing, engine front module, oil pan, oil pump, dan water pump bagi engine parts. Komponen tersebut telah digunakan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Suzuki Indomobil Motor.

Sementara buat ADSMIN, pembangunan fasilitasnya memakan biaya Rp 360 miliar, dengan lahan seluas  2 hektar. Pabrik ini memproduksi komponen brake system , yg dipasok ke TMMIN, ADM, dan Inti Garda Perdana (IGP), Suzuki Indomobil Motor, Nissan Motor Indonesia. Pabrik ini menyerap 200 orang karyawan dengan kapasitas produksi 1 juta unit pertahun.

Pihak AIIA dalam siaran resminya menyampaikan, kedua pabrik ini dharapkan mampu memberikan kontribusi positif, terkait dengan produksi komponen otomotif lokal, dengan standar yg tinggi. Lebih dari itu, dapat mewujudkan daya saing, melalui harga yg kompetitif.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply