Pegawai VW Mengaku Terlibat Skandal “Dieselgate”

By | September 13, 2016

Detroit, Unilinkrc.info – Kasus skandal emisi yg dialami Volkswagen memasuki babak baru. Kali ini salah sesuatu insinyurnya mengaku bersalah, karena telah menolong perusahaan bagi menghindar dari standar emisi Amerika.

Dia adalah James Liang, yg telah bekerja di VW sejak tahun 1983, dan yaitu bagian dari tim engineering yg ikut mengembangkan mesin diesel. Dirinya didakwa sudah bersekongkol dan sepakat bagi melakukan kecurangan tersebut. Liang menjadi orang pertama VW yg mulai menghadapi tuduhan pidana, sehubungan dengan skandal emisi.

Baca juga : VW Bayar Rp 15,9 Triliun buat Kerugian Diler

Liang, warga Jerman berusia 62 tahun yg tinggal di Newbury Park, California, tiba ke Pengadilan Negeri Amerika di Detroit, Jumat (9/9/2016). Ia kemudian menandatangani plea agreement (mengakui kesalahan) mencakup kesediannya bagi bekerjasama dengan pemerintah dalam penyelidikan.

Sebagai hukuman, Liang dapat mendekam di penjara selama lima tahun. Namun, kemungkinan besar hukuman tersebut mulai diringankan, seandainya pemerintah diuntungkan dengan kerjasama yg dikerjakan Liang dalam penyelidikan, dan memberikan bantuan substansial yg dibutuhkan.

Baca juga : VW Kecewa Kena Denda Rp 2,3 T di AS

Mengenai hal ini, Jeannine Ginivan, juru bicara Volkswagen tak berkmentar banyak mulai hal ini. “Pastinya kita mulai selalu bekerjasama dengan Departemen Kehakiman Amerika,” ucap Ginivan, seperti dikutip Reuters, Senin (12/9/2016).

Mark Chutkow, Kepala Divisi Kriminal buat Kejaksaan AS di Distrik Timur Michigan, juga menolak buat mengomentari penyelidikan. Sebelumnya, VW sudah setuju mengeluarkan dana 16,5 miliar dollar AS atau Rp 218,3 triliun, bagi mengatasi persoalan lingkungan. Namun, tak berhenti sampai situ, VW masih mulai menghadapi tuntutan miliaran dollar AS dan harus menyelesaikan nasib 85.000 kendaraan 3.0-liternya yg terkena dampak.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply