Pernah Alami Aki Rusak Padahal Baru Beli?

By | August 31, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Aki yaitu sesuatu dari tiga komponen kelistrikan (spul dan kiprok) yg utama pada kendaraan, khususnya sepeda motor. Selain menyimpan, aki juga berguna buat membagikan listrik ke bagian yg membutuhkan.

Dalam dua kasus, tak jarang ditemukan aki yg baru saja dibeli, tetapi telah mengalami kerusakan. Sebagian orang, khususnya masyarakat awam, menganggap kalau ini dikarenakan kualitas aki kurang bagus, padahal tak selamanya seperti itu.

Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, kerusakan pada aki yg baru dibeli, biasanya terjadi karena arus yg dialirkan bagi mengisi aki dapat saja terlalu besar. Kondisi ini mulai membuat elemen-elemen di dalam aki mulai cepat mengalami kerusakan.

“Jadi harus disesuaikan antara arus listrik yg masuk dengan kemampuan akinya, walaupun dengan tidak mengurangi arus, aki mampu cepat terisi (ketika baru diisi sebelum diletakkan pada sepeda motor). Namun efeknya adalah aki mulai cepat rusak,” ujar Sriyono, Kamis (25/8/2016).

Selain itu, lanjut Sriyono, rusaknya aki juga dapat disebabkan oleh terganggunya komponen pengisian pada sepeda motor, seperti kiprok. Di mana arus yg masuk ke aki tak terkontrol, dapat berlebihan atau terlalu kecil.

“Maka dari itu, untuk mekanik yg telah mahir, saat mengganti aki baru, dicek terlebih dulu arus pengisiannya dengan avometer. Misalnya aki sepeda motor tertera angka 5 ampere, tetapi saat dites arus dari kiprok memamerkan 10 ampere, itu berarti ada persoalan dengan kirpok, yg dapat menyebabkan overcharge. Tentu kiproknya yg harus diganti,” tutur Sriyono.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply