Presdir Toyota Indonesia: Kami Siap Hadapi Duet Mitsubishi-Nissan

By | October 29, 2016

Pergi.com, promo tiket pesawat seluruh maskapai! Toyota Motor Corporation, pabrikan otomotif terbesar di dunia, segera tancap gas, begitu proses akuisisi terhadap Daihatsu Motor Co Ltd rampung di Agustus lalu. Tak berlama-lama, pada bulan ini, Toyota dan Daihatsu mengumumkan rencana pendirian perusahaan baru.

Dari laman Toyota Motor Corp disebutkan, perusahaan baru ini bertanggung jawab membuat mobil kompak bagi pasar berkembang, akan dari perencanaan produknya hingga persiapaan produksi. Rencananya, perusahaan baru ini mulai dipimpin oleh Daihatsu dan beroperasi pada Januari 2017.

Kepada Merdeka.com, Hiroyuki Fukui, Deputy CEO Toyota, Asia and Middle East Region, mengakui pasar otomotif di negara berkembang khususnya di wilayah Asia semakin tinggi. Tapi, di sisi yang lain pasarnya juga semakin kompetitif. Untuk itu, perusahaan baru ini dibentuk supaya Toyota dan Daihatsu semakin kuat sehingga dapat membuat produk lebih baik, dari sisi teknologi, biaya, kualitas, dan keamanan.

Fukui-san yg juga Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor secara terang-terangan menyatakan pembentukan perusahaan baru ini juga bagi mampu bersaing dengan aliansi baru Mitsubishi-Nissan.

Seperti diketahui di 2017, Mitsubishi memiliki agenda besar di Indonesia, seperti membuat perusahaan distribusi baru khusus mobil penumpang dan launching small MPV pada Oktober 2017.

“Ya, bersaing dengan Mitsubishi-Nissan. Kami harus preparation dengan Daihatsu supaya Toyota lebih baik. Belum lagi Honda juga makin kuat,” ujar Fukui-san yg ditemui di sela-sela Jambore Toyota 2016, akhir minggu lalu.

Selain itu, dari sisi pabrikan, perusahaan baru ini mulai mendorong fasilitas produksi Toyota dan Daihatsu mencapai titik optimal alias full capacity. Ujungnya supaya makin efisien dari sisi biaya produksi. Jika biaya produksi lebih hemat, tentu harga jual produk Toyota-Daihatsu baru nanti lebih kompetitif di pasar.

“Jika biaya produksi lebih hemat, kalian lebih kompetitif sehingga mampu bersaing dengan Mitsubishi dan Honda. Apalagi mereka lakukan hal serupa di sini,” pungkas Fukui.

Total penjualan Toyota di luar Jepang mencapai 5,62 juta unit dengan total produksi 4,58 juta unit di periode Januari-September 2016. Sementara secara global, penjualan Toyota Group mencapai 7,52 juta unit, cuma naik 0,4 persen, dengan total produksi 7,6 juta unit. Saat ini Toyota Group memiliki brand Toyota, Daihatsu, dan Hino.Baca juga:
Kolaborasi Toyota-Daihatsu tantang Mitsubishi dan Honda di Asia
Baru terjual 68 unit, mobil sport Toyota 86 alami penyegaran
Jualan 280.179 unit, Toyota terlalu kuat di segmen mobil MPV
Meski di dalam mall, 16 klub meriahkan jambore Toyota 2016
New Toyota Camry kian sempurna, ini fitur anyarnya

Sumber: http://www.merdeka.com

Leave a Reply