Sebab Mobil ”Meraung” Tanpa Injak Pedal Gas

By | November 24, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Banyak kasus, mobil tiba-tiba ”meraung” alias putaran mesin mendadak tinggi meskipun kaki tak menginjak pedal gas. Parahnya, gejala ini kerap muncul tanpa ada tanda-tanda. Lalu, saat RPM telah meninggi, sulit turun menjadi normal kembali.

Sudah mampu dibayangkan bahayanya. Jika mobil tersebut bertransmisi manual, mampu menyeruduk kalau kopling dilepas. Tapi kalau transmisinya otomatis, perpindahan gigi dari N ke D mulai membuat efek bunyi dan sundulan, dulu mobil menyelonong ketika pedal rem dilepas.

”Ada banyak kemungkinan kalau kasusnya seperti ini. Pada mobil injeksi dengan sistem pengaturan yg telah terkomputerisasi, mampu di-scan memakai scanner buat mencari tahu penyebabnya,” kata Rusdi Sopandi, Manajer Mekanik Misterbrum.id, (22/11/2016).

Kepada Unilinkrc.info, Rusdi pun membeberkan dua penyebab yg membuat permasalahan tersebut terjadi, antara yang lain sebagai berikut:

1. Kemungkinan besar ada persoalan pada komponen servo/ idle speed control (ISC). Cek komponen ini, mampu jadi ada kebocoran udara atau salah sesuatu katup servo tak menutup karena kerak uap oli yg terhisap dari ruang bakar. Komponen ini cukup mahal seandainya telah benar-benar rusak.

2. Bisa juga karena banyaknya kotoran pada berbagai komponen yg seharusnya dirawat rutin. Misalnya, filter udara dan air flow sensor unit. Pastikan mengganti atau membersihkannya secara teratur.

3. Bersihkan selang-selang vacuum, karena tugasnya berat setiap mobil dipakai. Tersumbat sedikit, saja mengakibatkan komponen yang lain terganggu.

4. Cek bagian throttle body, injektor bahan bakar, EGR Valve. Rawat dan bersihkan rutin.

5. Upayakan sensor-sensor yg ada pada mobil dijaga dengan pengecekan secara rutin. Penggunaan scanner dalam hal ini mulai sangat membantu.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply