Toyota Ekspansi Ke Negeri Tirai Bambu

By | November 21, 2016

Tokyo, Unilinkrc.info –Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan perluasan fasilitas penelitian dan pengembangan (R&D) di Toyota Motor Engineering & Manufacturing China (TMEC). Dari investasi ini, Toyota mulai melakukan perbaikan fasilitas yg ada dan pembangunan laboratorium, pengembangan baterai serta fasilitas pengujian baru.

Mengutip Automotive World, Senin (21/11/2016) proyek ini dijadwalkan selesai pada akhir 2018. China nampaknya bakal jadi andalan baru Toyota. Sebelumnya Honda telah berkomitmen mulai membangun fasilitas baru, ketika ini Toyota akan bergerak.

Pasalnya, andalan pasar terbesar mereka di Amerika, memamerkan tanda-tanda penurunan. Lebih lagi dengan terpilihnya presiden baru, yg kebijakannya dikhawatirkan bakal mengganggu bisnis mereka di sana.

Hiroji Onishi, Managing Senior Officer dan CEO bagi Kawasan China mengatakan, kalau fasilitas ini yaitu proyeksi jangka panjang bagi penguatan R&D-nya. Toyota juga berjanji mulai melatih banyak insinyur lokal di sana.

[Baca juga : Honda Mulai Berani “Bertaruh” di China]

“Upaya ini diarahkan bagi penguatan kemampuan R&D lokal, buat jangka panjang. Kami berharap dapat melatih insinyur lokal sebanyak mungkin, dan buat mengembangkan lebih banyak mobil yg mulai memenuhi kebutuhan pelanggan kita di China,” ujar Onishi.

Di pasar China persaingan antar merek semakin sengit, sementara peraturan tambah ketat dalam kaitannya dengan kendaraan bermotor. Karena itu, Toyota melakukan perluasan lebih lanjut dari R&D, agar mampu selalu menghasikan mobil yg lebih baik, dengan penguatan teknologi.

Sasar “eco-car”

Pemerintah China ketika ini juga sedang mempromosikan mobil ramah lingkungan, di bawah payung pemerintah melalui konsep “Energy-Saving and New Energy Automotive Industry Development Plan”.

Sejalan dengan ini, Toyota berencana memperkenalkan hibrida  plug-in di bawah line-up Corolla Levin, sebagai sebuah upaya bagi memperluas promosinya pada kendaraan hybrid. Toyota ketika ini juga sedang melakukan pengujian bagi kendaraan hidrogen, serta persiapan bagi memperkenalkan mobil listriknya di China.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply