Toyota Genjot Pengembangan Mobil Listrik

By | November 20, 2016

Nagoya, Unilinkrc.info – Sempat alergi merealisasikan mobil listrik dalam waktu dekat, Toyota akhirnya menyerah. Kali ini, mereka sedang menggenjot perencanaan baru, di mana bakal menghadirkan mobil listrik dalam waktu dekat, di 2020.

Pihak Toyota telah mengkonfirmasi, kalau bulan depan perusahaan patungan (in-house venture company) yg khusus mengurusi mobil listrik ini, mulai meluncur. Perusahaan patungan kecil tersebut mulai diisi oleh empat orang, yg masing-masing berasal dari Toyota Industries Corporation, Aisin Seiki Co., Ltd., Denso Corporation dan Toyota Motor Corporation.

“Selama dua tahun terakhir, Toyota memperkuat diri dengan menanam benih bagi masa depan. Mulai dari pembangunan Toyota Reseach Institute, memiliki Daihatsu sepenuhnya, dan mengembangkan mobil kompak bagi negara berkembang. Kali ini, pembangunan struktur organisasi baru khusus Electric Vehicle (EV) adalah juga bagian dari itu,” ujar Akio Toyoda, Presiden TMC, dalam siaran resminya, Jumat (18/11/2016).

Baca juga : Toyota Bertaruh Pada Hibrida dan Hidrogen

Mengutip Autoexpress, Jumat (18/11/2016) kalau perusahaan baru ini, mulai dibiarkan bekerja secara merdeka, tanpa terpengaruh budaya kerja konvensional. Salah sesuatu alasannya agar dapat fokus dan cepat, dalam menghasilkan produk  EV yg mulai dipasarkan. Namun, keempat orang tersebut tetap memiliki akses terkait pengetahuan dari segala grup Toyota.

Toyota juga telah menyadari kalau infrastruktur buat mobil hidrogen lebih sedikit, daripada mobil listrik. Jadi seandainya cuma mengandalkan hibrida dan hidrogen, Toyota mulai sulit bersaing di pasar (eropa khususnya), jadi keputusan buat “nyemplung” ke bisnis mobil listrik akhirnya langsung diambil.

Jika rencana sebelumnya pembangunan perusahaan petungan mulai akan diresmikan di awal 2017, tetapi kali ini rencananya dimajukan menjadi Desember 2016. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply