Toyota Produksi “Mobil Listrik” Dalam Jangka Pendek

By | November 8, 2016

Nagoya, Unilinkrc.info – Toyota Motor akhirnya berniat bagi memulai produksi massal mobil listrik pada 2020. Mereka berharap bagi memperluas jajaran mobil ramah lingkungannya, di samping hibrida dan berbahan bakar hidrogen (fuel-cell), mengutip Nikkei, Senin(7/11/2016).

Menargetkan masuk dengan skala penuh ke pasar kendaraan listrik, Toyota siapkan tim in-house, bagi melakukan perencanaan dan pengembangan, sesegera mungkin di awal 2017. Toyota juga mulai mencari kerjasama dengan sekelompok perusahaan demi memulai produksi dengan cepat.

Toyota milik ambisi buat mengembangkan EV (electric vehicle) yg memiliki kemampuan tempuh lebih dari 300 km pada sesuatu kali pengecasan. Platform model Prius hibrida atau Corolla, sedang dipertimbangkan bagi digunakan dalam membangun sebuah sport utility vehicle (SUV) listrik.

Merek mobil yang berasal Jepang ini mulai meningkatkan pengembangan baterai, yg yaitu komponen kunci performa EV, yg dikalukan melalui departemen baru, yg bertugas melakukan penelitian bahan baterai. Namun Toyota juga kemungkinan mulai memasok baterai dari pengusaha luar.

Peluncuran Toyota EV dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo 2020, di mana semua perhatian dunia mulai tertuju ke Jepang. Produk ini mulai dirilis di negara-negara yg serius mengadopsi mobil EV, seperti di Amerika khususnya negara bagian California dan China, yg pemerintahnya menawarkan subsidi, bagi mendorong populasi mobil listrik

Sebelumnya, Toyota cukup menjaga jarak dengan produk mobil listrik dan memfokuskan pada mobil hibrida dan dan fuel-cell. Namun, banyaknya negara yg menelurkan kebijakan dan langkah-langkah mempromosikan kendaraan ramah lingkungan, menuntut Toyota bagi memperluas modelnya sampai ke segmen kendaraan listrik, agar tak ketinggalan peluang ini.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply