Truk Dan Bus Mercy Siap Sambut Euro IV

By | August 27, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengatakan telah belasan tahun mesin mobil komersial memakai spesifikasi Euro III, di atas batas yg selama ini berlaku setara Euro II. Wacana hembusan pemerintah yg ingin beralih ke Euro IV disambut kata bersiap oleh MBDI kendati dikatakan butuh adaptasi.

“Tanggapan kalian sangat positif karena produk (global) Mercedes itu telah Euro VI, bagi truk, bus, semuanya. Kalau memang pemerintah kebijakannya mengganti jadi Euro 4 ya itu baguslah,” ucap Adri Budiman, Deputy Director & Van Sales Operation Commercial Vehicle MBDI, di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Penyesuaian

Adri menjelaskan mesin yg diimpor dengan spesifikasi Euro III sudah disesuaikan hasil uji labolatorium terhadap bahan bakar yg beredar di dalam negeri. Pengujian itu, berikut parameter lainnya dikirim lantas diolah di pusat riset dan pengembangan di Jerman.

Proses yg sama harus dikerjakan seandainya regulasi Euro IV telah berlaku di dalam negeri. “Kami mulai lihat situasinya seperti apa, kita mesti adaptasi hasil labolaorium terkait bahan bakar,” ungkap Adri.

Saat ini pemerintah masih selalu menyiapkan regulasi terkait Euro IV. Telah disebutkan sebelumnya, rencana pemberlakuannya pada 2019/2020. Meski begitu kesiapan pendukung masih bermasalah, salah satunya dari penyuplai bahan bakar di dalam negeri, Pertamina dan industri otomotif di bawah pengawasan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply