Usaha Hino Bawa Nama Jepang Di Dunia Balap

By | January 8, 2017

Oruro, Unilinkrc.info – Hino benar-benar mengemban misi cukup serius dalam Reli terganas di dunia, Dakar 2017. Ajang ini telah bergulir sejak 2 Januari dan mulai berakhir pada 14 Januari 2017 mendatang, melintasi Paraguay, Bolivia, dan  Argentina.

Tak cuma membuktikan ketangguhan, Hino menjadi satu-satunya perwakilan merek truk Jepang yg berlaga di ajang ini. Pesaingnya cukup berat, rata-rata merek truk Eropa jenis Iveco, Scania, Renault Trucks, MAN, Kamaz, Tatra, sampai Liaz.

Kategori truk dikuti oleh 50 truk dan menempuh 12 Special Stage dengan total jarak 8.781 Km. Hino mengandalkan 500 Series yg terkenal dengan daya tahannya, didukung mesin A09C-TI (turbo intercooler) yg bisa menyemburkan tenaga 650 PS @2.200 rpm.

Tahun ini Hino mengirimkan beberapa tim, yg pertama dipimpin pebalap profesional dan berpengalaman, Yoshimasa Sugawara yg sudah ambil bagian selama 33 tahun berturut-turut. Lalu ada Teruhito Sugawara yg yaitu anak dari Yoshimasa.

Anggota tim termasuk mekanik yg dipilih dari berbagai diler Hino segala dunia dan navigator yg handal serta terlatih, bersiap mendukung Hino Tim Sugawara menjadi juara.

Special Stage pertama menempuh jarak 454 Km dari Asuncion, Paraguay ke Resistencia, Argentina. Pada SS pertama Hino Team Sugawara melewati tanpa persoalan berarti. Medan cukup berat, banyak terdapat batu kerikil, jalan berliku masuk hutan, padang pasir berdebu, dan menyeberangi sungai.

Pada hari berikutnya, rute yg dilalui menempuh jarak 813 Km dari Resistencia ke San Miguel de Tucuman, Argentina. Dengan keadaan medan yg cenderung masih sama, Hino Team Sugawara berhasil finish di posisi pertama dan kedua buat kategori under 10 liter class.

Special Stage ketiga menuju rute kaki bukit Andes, Argentina dengan jarak total 757 Km di mana pada stage ini pebalap menghadapi jalan off road berpasir yg sulit dilalui kendaraan. Kedua Hino Sugawara Team memberikan kinerja terbaik dan bisa mempertahankan posisinya bagi finish dengan posisi 1 dan posisi 2 di kategori under 10 liter class.

Secara keseluruhan setelah lima stage, Yoshimasa Sugawara bertahan di posisi ke-32, sedangkan anaknya, Teruhito Sugawara, berada di posisi ke-12.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply