VW Gandeng Tata Serbu Pasar Negara Berkembang

By | March 15, 2017

Stuttgart, Unilinkrc.info –  Kelompok otomotif Jerman, Volkswagen Group sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Tata Motors, buat membangun  kemitraan strategis jangka panjang. Kolaborasi ini bakal jadi kekuatan baru otomotif bagi kawasan Asia, khususnya buat negara berkembang.

Mengutip Autoexpress dan CNBC, Senin (13/3/2017) melalui kerjasama ini, keduanya bakal mengembangkan dan memproduksi komponen kendaraan bersama dalam waktu dekat. Selain itu, keduanya juga sepakat bagi memproduksi mobil baru bagi pasar India, sekaligus menyasar negara berkembang lainnya.

Terkait rincian lengkap mengenai ketentuan perjanjian masih belum jelas. Pihak Volkswagen mengatakan, kerangka kontrak dan pedoman kesepakatan mulai didefinisikan dan diperiksa lagi secara menyeluruh, dalam dua bulan mendatang.

Beberapa menginformasikan, kalau salah sesuatu perusahaan di bawah Grup VW yg bakal meminpin proyek merupakan merek Skoda, sebagai brand entry level. Namun ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak Volkswagen sendiri.

“Tujuan kita (Volkswagen) terkait kemitraan strategis dengan Tata Motors, merupakan bagi meletakkan dasar di dalam Group dan merek, yg memungkinkan VW mampu menawarkan solusi mobilitas berorientasi pelanggan di negara berkembang, wilayah dengan pasar mobil yg cepat tumbuh, dan di tempat lainnya,” ujar Matthias Muller, CEO Volkswagen Group.

Menurut Tata, kendaraan pertama yg mulai dilahirkan dari kerjasama ini, bersiap meluncur di pasar India pada 2019. Pihaknya menjamin kalau seluruh rencana mulai berjalan sesuai dengan jadwal.

Sebelumnya, pada awal tahun ini juga PSA Group juga mengumumkan rencana serupa bagi pasar India, di mana mereka mengkonfirmasi kesepakatan telah dikerjakan dengan konglomerasi manufaktur berbasis di Delhi, CK Birla Group, bagi mengembangkan model baru yg mulai dijual pada 2020.

Lebih dari itu, aliansi yang lain yg bakal menggempur pasar negara berkembang dari Jepang merupakan Toyota bersama dengan Daihatsu, serta Nissan dengan Mitsubishi. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com