VW Kejar Target Mobil Listrik Di China

By | September 11, 2016

Shanghai, Unilinkrc.info –  Volkswagen sedang menjalani proses kerjasama buat membuat mobil listrik di China, menggandeng perusahaan plat merah. Ini jadi langkah agresif VW buat dapat memproduksi mobil listrik, sekaligus memperbaiki citranya pasca skandal emisi.

Produsen yang berasal Jerman tersebut juga telah menandatangani nota kerja sama dengan China Anhui Jianghuai Automobile Co (JAC). Pihak Jianghuai menyampaikan keduanya mulai memiliki kepemilikan yg setara, dan berharap buat mencapai perjanjian yg lebih formal dalam lima bulan ke depan.

“Seperti yg pernah disampaikan, kalian milik tujuan buat berada di garis depan sebagai produsen dan penjual e-mobility. Volkswagen Group melihat jauh ke depan bagi mengeksplorasi segala pilihan demi mampu berkembang, salah satunya dengan menjalin kemitraan yg erat dan saling menguntungkan dengan JAC,” ujar Matthias Müller, CEO Volkswagen, dilansir Wall Street Journal, Sabtu (10/9/2016).

Hingga tahun 2025, Volkswagen menargetkan penjualan sesuatu juta kendaraan listrik di segala dunia. Bagi VW, China menyumbang sepertiga penjualan secara global, setelah kurang lebih tiga dekade beroperasi di sana.

Saat ini VW telah bermitra dengan beberapa pembuat mobil loka China, seperti SAIC Motor di Shanghai dan FAW Group di Timur Laut China. Berdasarkan aturan pemerintah, pembuat mobil asing harus melakukan kemitraan dengan perusahaan lokal buat memproduksi mobil di negeri tersebut.

Saat ini China sedang gencar pada kendaraan dengan sumber energi alternatif, ini lantaran mereka ingin megurangi ketergantungan kepada impor minyak dan mengurangi polusi udara. Untuk proyek itu, pemerintah Cina menghabiskan total 90 miliar yuan atau Rp 176,5 triliun, termasuk subsidi segera buat para pembuat kendaraan listrik dan pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik.

Penjualan mobil penumpang dan bus bertenaga listrik dan hibrida, tumbuh empat kali lipat pada tahun 2015 dibanding tahun 2014, total 331.000 kendaraan. Sementara dalam tujuh bulan pertama tahun ini, penjualan kendaraan tersebut naik 23 persen menjadi 207.000 unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply