Wajib Cek, Apakah Mobil Anda Masuk Daftar “Recall”?

By | October 5, 2016

Jakarta, Unilinkrc.info – Dunia otomotif sedang diguncang dengan penarikan (recall) besar-besaran sepanjang sejarah, karena kecacatan pada komponen pelengkap keselamatan airbag, merek Takata.

Data terakhir yg dihimpun lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Safety Administration (NHTSA), setidaknya ada 31 merek mobil yg memakai airbag Takata. Bukan cuma bagi model di Amerika saja, tetapi dua di antaranya juga dijual di semua dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, telah ada tiga merek yg mengumumkan kampanye penarikan kembali, seperti Toyota, Honda dan Nissan. Namun memang belum segala jumlah mobil selesai diperbaiki. Salah sesuatu masalahnya adalah kesadaran dari  pemilik kendaraan sendiri.

Mengapa Harus “Recall”

Dari penjelasan singkat yg dirangkum dalam sebuah video berdurasi 1,49 menit punya NHTSA dan Safercar.gov, ternyata ada gangguan pada inflator airbag punya Takata. Di mana bukan malah menyelamatkan pengemudi atau penupang dari kecelakaan, tapi malah melukainya bahkan dapat menyebabkan meninggal dunia.

Masalahnya terjadi pada bagian chemical di dalam inflator (komponen yg bekerja mengembangkan kantung udara ketika kecelakan terjadi). Komponen tersebut menjadi tak stabil setelah bertahun-tahun ada di dalam kendaraan (khusus Takata), karena uap lembab dan temperatur udara yg berubah-ubah.

Jadi, ketika kecelakaan terjadi dan airbag mengembang, potongan-potongan metal yg ada pada inflator tersebut ikut keluar ketika balon udara mengambang, sehingga mampu mencederai atau bahkan menyebabkan meninggal dunia.

Pengujian yg dikerjakan atas airbag Takata, membawa kesimpulan, kalau mobi lansiran lama yg cukup beresiko mulai persoalan ini. Jadi sebaiknya jangan ditunda, ketika telah mengetahui kalau yg kami miliki masuk dalam daftar recall karena memakai airbag Takata . Segera hubungi diler merek terkait.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply