Wejangan Jusuf Kalla Untuk Toyota

By | October 31, 2016

Jakarta, KompasOtomania — Perjalanan panjang Toyota di Indonesia selama 45 tahun dibuktikan dengan rangkaian prestasinya. Selain dalam penjualan, Toyota turut berkontribusi besar buat Tanah Air, akan dari memberikan pilihan produk yg dibutuhkan masyarakat, sampai ikut menggerakkan roda perekonomian negara.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, Toyota di Indonesia berkembang melalui transisi yg teratur, akan dari mobil semi-knocked down (SKD), dulu completely knocked down (CKD), sampai akhirnya menjadi manufaktur yg besar.

“Butuh komitmen panjang, tapi hal ini dibuktikan dengan kemajuan yg pasti hingga ketika ini,” ucap Wapres dalam pidatonya di seremoni acara perayaan 45 Tahun Toyota, Sabtu (29/10/2016).

Meski demikian, Wapres berpesan agar Toyota Indonesia tak berhenti sampai di situ. Ia berharap komitmen dan kemajuan yg telah dicapai Toyota selama ini mulai selalu berkelanjutan bagi mendorong sektor industri otomotif.

“Indonesia negara yg besar, penduduknya juga besar. Ekonomi kami mampu maju bila berjalan bersama dengan industri. Dari kerja sama itu, ekonomi nasional mampu bergerak sehingga mendorong daya beli masyarakat. Industri itu juga penting, bukan cuma pemerintah,” ujar Wapres.

Febri Ardani/Unilinkrc.info Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

Selebihnya, ia juga berkomitmen buat meningkatkan sarana infrastruktur guna mendukung sektor industri. Salah satunya dengan rencana membangun pelabuhan besar di Karawang, Jawa Barat.

“Industri Jepang cukup banyak di Karawang. Kami mulai membangun pelabuhan yg lebih besar di sana bagi mempermudah jalur logistik dan ekspor sehingga nanti mulai memudahkan industri, baik dari daerah Jawa Barat maupun Jawa Tengah,” ujarnya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Leave a Reply